Pages

Saturday, April 02, 2016

SOSIALISASI PERKEMBANGAN KURIKULUM 2013 BAGI DOSEN DAN PPG

Kebijakan dan dinamika perkembangan kurikulum 2013
Kurikulum yang diperbaiki adalah kurikulum 2013, kurikulum 2013 tersebut saat ini merupakan kurikulum yang berlaku secara nasional.
Substansi Perbaikan Dokumen Kurikulum 2013
A. Permasalahan
1. Isu keselarasan antara KI-KD dengan silabus dan buku
2. Kompleksitas pembelajaran dan penilaian pada sikap spiritual dan sosial..
3. Pembatasan kemampuan siswa melalui pemenggalan taksonomi proses berpikir antar jenjang.
4. Penerapan proses berpikir 5M sebagai metode pembelajaran yang bersifat prosedural dan mekanistik..
B. Hasil perbaikan
1. Koherensi KI-KD dan penyelarasan dokumen
2.  penataan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial pada semua mata pelajaran
3. Penataan kompetensi yang tidak dibatasi oleh pemenggalan taksonomi proses berpikir
4. Pemberian ruang kreatif kepada guru dalam mengimplementasikan kurikulum.
C. Penataan kompetensi sikap spiritual dan sosial.
1. Pada mata pelajaran pendidikan agama dan Ppkn, pembelajaran sikap spiritual dan sosial dilaksanakan melalui pembelajaran langsung dan tidak langsung.
2. Selain mata pelajaran agama dan ppkn , pembelajaran sikap spiritual sosial dilaksanakan melalui pembelajaran tidak langsung.
D. Pemberian ruang kreatif kepada guru.
1. Silabus yg disiapkan pemerintah merupakan salah satu model unruk memberi inspirasi. Guru dapat mengembangkannya sesuai dengan konteks yang relevan
2. Dalam pembelajaran tematik khusus SD, guru dapat mengembangkan tema dan sub tema sesuai dengan konteks yang releven.
3. 5 M merupakan kemampuan proses berpikir yang perlu dilatihkan secara terus menerus melalui pembelajaran agar siswa terbiasa berpikir secara saintifik.

No comments:

Post a Comment