Pages

Friday, March 04, 2016

JEJAK SM-3T DI TANAH PAPUA

Penempatan sarjana mendidik 3T, kami ditempatkan di tanah papua yang belum pernah kami kunjungi. Setelah sampai daerah sasaran yaitu kabupaten deiyai kami menginap di salah satu aulah sekolah yang berada disana, setelah itu kami dibagikan ke sekolah2 yang berada di kabupaten deiyai papua selain mengajar kami harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, kehidupan dan tradisi orang papua masih sangat ketat salah satunya pakaian adat pria yang disebut (koteka) dan pakaian adat wanita disebut (moge) dan masih banyak tradisi lainnya.
Pertama kali saya melihat para lelaki memakai koteka saya merasa aneh tapi itulah adat yang masih dijaga ketat oleh orang papua begitupun moge yang dipakai oleh kaum hawa yabg terbuat dari kulit kayu, setelah melewati beberapa bulan di papua dan mulai menyatu dengan lingkungan sekitar kami menyadari bahwa disetiap daerah pasti ada adat dan istiadat yang kita harus taati dan hargai.
Beberapa tradisi yang masih dijaga ketat oleh orang papua terutama di kabupaten deiyai antara lain:
1. Koteka..
Koteka terbuat dari labu yang di bakar   lalu dikeluarkan isinya dan sisa dari kulit labu itu disebut dengan koteka. Koteka ini dipakai oleh para pria
2. Moge.
Moge terbuat dari kulit kayu yang dikeringkan lalu dianyam seperti pakaian.. moge ini dipakai oleh kaum hawa.
3. Bakar batu.
Bakar batu yang biasa dilakukan oleh orang papua pada saat acara adat yang mereka lakukan.. bakar batu dilakukan dengan cara membakar batu sampai panas lalu mereka menggali lubang dan memasukan daging, sayur, batu panas dan ditutupi dengan rumput..
4. Tarian susu
Tarian susu adalah suatu tarian yang langkah yang hanya terdapat dipulau papua karean tarian dilakukan dengan cara para kaum hawa tidak mengenakan baju lalu mereka melakukan goyangan buah dada (susu) sampai menghasilkan suatu bunyi seperti sedang bertepuk tangan.
Itulah beberapa tradisi yang masih dilestarikan di tanah papua...
Kami bangga karena masi bisa mengenal adat yang masih dilestarikan dalam kehidupan modern saat ini..
Hargailah orang lain supaya kita juga dihargai....
Cerita singkat mengenai kehidupan yang kami jalani di papua, semoga bermanfaat bagi teman2 yang belum pernah ke papua, apabila suatu saat teman2 berkunjung ke papua teman2 tidak merasa heran dengan adat istiadat di papua..
Salam dari kami anak2 sm3t angkatan IV LPTK undana. SALAM MBMI..
#terimakasih SM-3T

No comments:

Post a Comment